makanan khas india

Image
 Cita rasa dan rempah-rempah yang melimpah semakin dikenal mancanegara hingga membuat pencinta kuliner bisa dengan mudah menemukan restoran India. Apa saja ya makanan khas India yang paling terkenal di dunia? Simak  yuk , Bela! 1. Samosa instagram.com/tandoori_flames_ Samosa adalah makanan khas India dan camilan favorit masyarakat Asia Tengah, Asia Selatan hingga Jazirah Arab. Memiliki bentuk segitiga, samosa memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah. Pada umumnya samosa berisi kentang rebus dengan bumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar dan kadang-kadang paneer. Namun, saat ini samosa dimodifikasi dengan beberapa varian rasa, seperti coklat, keju, daging dan lain-lain. Samosa semakin lezat jika disantap dengan hangat. 2. Dosa instagram.com/thechillipickle Nama makanan India satu ini memang cukup unik ya, Bela. Dosa adalah makanan India yang sama jenisnya dengan  crepes . Dibuat dengan bahan utama beras dan bubuk gram hitam

makanan tradisional indonesia

Untuk itu, dalam artikel kali ini akan disajikan kumpulan daftar menu makanan khas dari beberapa daerah yang nantinya dapat Anda coba, jika berkunjung ke tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia.

1. Mie Aceh

Kuliner Khas Mie Aceh
qraved.com
Mie Aceh merupakan mie pedas khas Aceh. Bahan utama yang digunakan untuk mie tradisional ini  yaitu mie kuning atau mie telor. Mie aceh disajikan dengan irisan daging kambing atau sapi, namun juga ada yang mengkombinasikan dengan makanan laut seperti kepiting, udang atau cumi. Mie ini disajikan bersama sup kari yang gurih dan pedas.
Mie Aceh tersedia dalam tiga jenis antara lain, mie Aceh setengah basah, mie Aceh goreng atau kering dan mie Aceh kuah atau sup. Biasanya dalam penyajiannya ditaburi dengan bawang goreng, emping, mentimun, potongan bawang merah dan perasan air jeruk nipis.

2. Karee Kameng

Kuliner Nusantara Karee Kameng
eintopfheimat.com
Karee kameng yaitu makanan tradisional khas Aceh. Makanan ini merupakan sajian paling favorit bagi warga Aceh. Karee kameng atau disebut juga dengan kari kambing ini merupakan lauk yang hampir selalu ada di kedai nasi atau dalam berbagai perhelatan. Di berbagai kedai nasi, kari ini terpampang di depan kedai dengan menggunakan wajan besar atau kuali yang selalu dipanaskan.
Tampilan kari ini tidak jauh beda dari gulai kambing pada umumnya. Kuahnya berwarna kuning pekat dengan potongan daging kambing beserta tulangnya yang dimasak secara bersamaan. Baunya sangat harum, aroma rempah-rempahnya sangat terasa. Selain itu, kari ini tidak terdapat bau prengus khas kambing.
Kuah kari Aceh ini sedikit keruh karena banyaknya bumbu rempah-rempah yang digunakan lengkap dengan sumsum berasal dari tulang kambing. Kari kambing ini sangat cocok disajikan dengan nasi hangat dan potongan daging kambing bakar dan potongan cabai rawit.

3. Lempah Kuning

Lempah Kuning Kuliner Bangka
resepkoki.id
Lempah kuning merupakan masakan paling populer di Bangka, baik dirumah makan, di warung , bahkan untuk menu sehari-hari. Menu makanan ini menjadi sajian paling banyak dimasak di Bangka.
Lempah kuning merupakan nama umum yang digunakan untuk nama masakan khas ini. Namun untuk menekankan jenis bahan utama yang digunakan, masakan ini sering disebut juga lempah laut. Karena proses memasak ikan tersebut harus menggunakan nanas, maka lempah nanas pun sering menjadi sebutan untuk masakan ini.
Kehadiran nanas dalam lempah kuning memberikan aroma harum dan sedikit rasa asam. Secara umum, masakan ini sebenarnya mirip dengan asam pedas di Riau atau pindang di Sumatra Selatan.

4. Bika Ambon

Bika Ambon Medan
masakandapurku.com
Bika Ambon merupakan makanan tradisional khas Medan, Sumatra Utara. Namun banyak orang yang mengira bahwa kue ini berasal dari Ambon, Ibukota Maluku. Kue bika terinspirasi dari kue khas melayu yang dimodifikasi dengan bahan pengembang dan menghasilkan kue yang memiliki rongga dan berbeda dari kue aslinya.
Kue ini disebut bika ambon karena pertama kali dijual di simpang Jalan Ambon, daerah Sei Kera, Medan dan menjadi sangat populer. Kue bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti tepung terigu, telur, santan, gula, pandan wangi dan bahan-bahan lainnya. Bika ambon tersebut menjadi makanan khas Medan yang paling favorit.
Citarasa bika ambon ini sangat enak karena memiliki serat sempurna di bagian dalam dan rasanya lembut. Saat ini bika ambon telah di jual di berbagai kota besar di Indonesia, sehingga untuk bisa menikmati bika ambon tidak harus pergi ke Kota Medan.


Comments

Popular posts from this blog

makanan khas italia yg enak

makanan khas papua

makanan khas korea selatan