makanan khas india

Image
 Cita rasa dan rempah-rempah yang melimpah semakin dikenal mancanegara hingga membuat pencinta kuliner bisa dengan mudah menemukan restoran India. Apa saja ya makanan khas India yang paling terkenal di dunia? Simak  yuk , Bela! 1. Samosa instagram.com/tandoori_flames_ Samosa adalah makanan khas India dan camilan favorit masyarakat Asia Tengah, Asia Selatan hingga Jazirah Arab. Memiliki bentuk segitiga, samosa memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah. Pada umumnya samosa berisi kentang rebus dengan bumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar dan kadang-kadang paneer. Namun, saat ini samosa dimodifikasi dengan beberapa varian rasa, seperti coklat, keju, daging dan lain-lain. Samosa semakin lezat jika disantap dengan hangat. 2. Dosa instagram.com/thechillipickle Nama makanan India satu ini memang cukup unik ya, Bela. Dosa adalah makanan India yang sama jenisnya dengan  crepes . Dibuat dengan bahan utama beras dan bubuk gram hitam

makanan khas saudi arabia yang lezat

Makanan Khas Arab – Makanan khas Arab umumnya mengandung banyak rempah-rempah. Seperti yang kita ketahui, makanan khas negara Arab terbuat dari daging kambinggandumdaging ayam, ayam kalkun dan sebagainya.
Tak hanya itu, tampilannya juga terlihat menggiurkan di mata. Bahkan, sampai membuat kita ingin mencicipi lagi hidangan negeri Timur Tengah itu.

1. Nasi Bukhari

makanan khas arab
Sumber Gambar: SooperChef
Bila semua orang beranggapan Nasi Kebuli merupakan hidangan terkenal di Arab, jawabannya tidak. Nasi Bukhari lah jawabannya. Banyak yang mengatakan Nasi Bukhari ini berasal dari Afghanistan, namun tidak banyak sumber valid yang mengatakan demikian.
Nasi Bukhari biasanya disajikan dengan ayam panggang, dan sambal tomat yang pedas sebagai pelengkap rasa. Tak hanya itu, ada potongan mentimun juga selada dalam sajian ini.   

2. Nasi Kabsah

makanan khas arab
Sumber Gambar: SooperChef
Berikutnya makanan khas Arab Saudi yang terkenal adalah Nasi Kabsa. Nasi Kabsa atau Kabsa merupakan hidangan yang terbuat dari nasi, kemudian dicampur dengan daging, sayuran, dan bumbu pedas.
Penampakannya mirip seperti nasi goreng, sebab telah banyak versi yang  membuat variasi dari nasi Kabsa ini Toppers. 

3. Mutabbaq

makanan khas arab
Sumber Gambar: Asaan Recipes
Mutabbaq merupakan salah satu makanan khas Arab Saudi yang terkenal dan menjadi makanan favorit di sana. Ditemukan di Yaman, Mutabbaq sendiri memiliki arti dilipat. Bila kamu membayangkannya seperti Martabak, itu 100% benar.
Martabak yang kita konsumsi saat ini merupakan hasil adaptasi dari makanan khas Arab Mutabbaq lho Toppers. Mutabbaq berisi sayuran dan daging, yang bisa dimakan sebagai cemilan atau lauk pendamping nasi.

4. Saleeg

makanan khas arab
Sumber Gambar: Wikipedia
Saleeg adalah sejenis bubur yang dimasak dengan kaldu ayam atau kambing beserta susu. Makanan khas Arab ini berasal dari wilayah Hejaz di Arab Saudi dan sangat populer di kota Thaif.
Nasi yang digunakan untuk membuat Saleeg pada umumnya menggunakan beras pulen yang berasal dari Mesir. Bentuk dan tekstur Saleeg yang mirip risotto ini biasanya disajikan di mangkuk beserta ayam di atasnya.
Paduan komposisi ayam, jahe, bawang putih, juga rempah-rempah membuat Saleeg kaya akan rasa.

Comments

Popular posts from this blog

makanan khas italia yg enak

makanan khas papua

makanan khas korea selatan