makanan khas india

Image
 Cita rasa dan rempah-rempah yang melimpah semakin dikenal mancanegara hingga membuat pencinta kuliner bisa dengan mudah menemukan restoran India. Apa saja ya makanan khas India yang paling terkenal di dunia? Simak  yuk , Bela! 1. Samosa instagram.com/tandoori_flames_ Samosa adalah makanan khas India dan camilan favorit masyarakat Asia Tengah, Asia Selatan hingga Jazirah Arab. Memiliki bentuk segitiga, samosa memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah. Pada umumnya samosa berisi kentang rebus dengan bumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar dan kadang-kadang paneer. Namun, saat ini samosa dimodifikasi dengan beberapa varian rasa, seperti coklat, keju, daging dan lain-lain. Samosa semakin lezat jika disantap dengan hangat. 2. Dosa instagram.com/thechillipickle Nama makanan India satu ini memang cukup unik ya, Bela. Dosa adalah makanan India yang sama jenisnya dengan  crepes . Dibuat dengan bahan utama beras dan bubuk gram hitam

makanan khas korea selatan

Selain itu ada satu hal lagi yang tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi negeri Ginseng ini adalah mencicipi makanan khas Korea Selatan. Berikut 10 kuliner khas Korea Selatan yang wajib kamu cicipi.

1. Asam, Asin, dan Gurihnya Kimchi

makanan khas korea selatan : Kimchi
Photo by : @kimchiheaven
Kimchi merupakan yang selalu ada di dalam lemari pendingin orang Korea. Sehingga tidak heran jika Kimchi menjadi makanan khas Korea selatan yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke sana. Kamu pasti juga tahu kan jika Kimchi ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari sawi putih dan lobak. Kimchi ini sejenis asinan sayur yang difermentasi dan diberi bumbu pedas.
Di masa lalu Kimchi diucapkan dengan nama chim-chae yang berarti sayuran yang direndam. Selain dimakan secara langsung, Kimchi juga bisa divariasikan menjadi berbagai menu makanan, seperti nasi goreng, sup dan sebagainya. Jika anda tertarik untuk membuat asinan Korea ini dapat mengikuti kelas memasak Kimchi & Tteokbokki Cooking Class.

2. Mencicipi Tteokbokki, Makanan bercita rasa pedas dan manis

makanan khas korea selatan : tteokbokk
Photo by : @enthusiastic._.b
Tteokbokki merupakan makanan khas korea selatan yang berupa kue beras. Makanan ini juga sering muncul di drama-drama Korea loh. Kue beras ini berbentuk seperti tabung panjang dan berwarna putih. Cara penyajiannya adalah dipotong-potong dan kemudian dimasak bersama saus khas Korea, gochujang. Biasanya saat makan tteokbokki orang Korea akan menambahkan telur rebus atau lembaran fish cake sebagai toping.
Pada masa Dinasti Joseon, makanan ini dimasak dengan kecap asin, daging sapi, kecambah, wortel, dan bawang bombay. Sehingga bisa dikatakan bahwa tteokbokki pada masa itu, sangat berbeda dengan tteokbokki yang dijual di masa sekarang. Kudapan ini cocok dinikmati saat musim dingin atau setelah anda berkeliling ke tempat wisata terkenal di Korea maka akhirilah dengan menyantap tteoboki pedas.

3. Rasakan manis dan gurihnya Jajangmyeon

makanan khas korea selatan : jjajangmyeon
Photo by : @michi2mee
Jajangmyeon merupakan makanan khas Korea selatan yang mirip dengan mi ayam yang ada di Indonesia. Makanan yang cukup terkenal di Korea Selatan ini biasa disajikan dengan saus pasta kacang hitam dengan citarasa asin. Saus ini disebut Chunjang oleh orang Korea. Kemudian diberi toping berupa daging yang dipotong dadu, dan dilengkapi dengan aneka sayuran.
Namun bagi kamu yang beragama Islam harus berhati-hati, karena biasanya potongan daging dari jajangmyeon ini menggunakan daging babi. Jajangmyeon pertama kali muncul pada tahun 1905, dimana seorang imigran dari Cina membuka sebuah restoran di kawasan Incheon. Saat ini restoran tersebut telah beralih fungsi menjadi Museum jajangmyeon.

4. Jika di Jepang ada sushi, maka di Korea ada Kimbab

makanan khas korea selatan : Kimbab
Photo by : @5th_day
Jika dilihat dari bentuknya kimbab ini tidak jauh berbeda dengan sushi. Varian dari isian kimbab ini juga mirip dengan sushi yaitu berupa sayur dan daging. Namun faktanya pada zaman dinasti Joseon terdapat makanan yang dinamakan bokssam atau bungkusan keberuntungan. Makanan ini terbuat dari nasi gulung yang dibungkus rumput laut kering atau sering disebut kim.
Kimbab sendiri terbuat dari nasi, daging, dan sayuran. Nasi putih yang sudah dibumbui dengan garam dan minyak wijen. Isinya pun beragam, mulai dari daging, ikan, telur, keju,acar dan sebagainya. Kimbab biasanya dibawa sebagai bekal piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan. Mungkin karena praktis dan mudah dibawa kemana saja.

Comments

Popular posts from this blog

makanan khas italia yg enak

makanan khas papua